10 September 2018

Pasar Amertasari

Kawasan Desa Candikuning merupakan sebuah desa yang terletak di daerah dataran tinggi, Bali. dikarenakan letaknya yang berada di dataran tinggi, maka warga desa yang tinggal di daerah tersebut terkenal dengan hasil perkebunannya yang segar, berkualitas, dan harganya pun murah terjangkau.

Dengan suhu dingin dan banyaknya lahan kosong dengan tingkat kesuburan yang baik, masyarakat Desa Candikuning pun menjadikan berkebun sebagai sumber mata pencaharian utama. Berbagai hasil tanam mereka sangat menyegarkan pandangan mata, ada berbagai macam sayur-sayuran di sana, buah-buahan, dan beberapa lokasi juga membudidayakan tanaman hias untuk kemudian dijual.

Pasar Candikuning
Pasar Candikuning

Hasil tanam warga desa itu lalu dijual di Pasar Tradisional Candi Kuning. Letaknya di daerah Bedugul, Bali. Letaknya di sebelah kiri jalan saat menuju Singaraja. Lokasinya tidak terlalu jauh dengan objek wisata kebun raya bedugul atau kebun danau beratan, yaitu kurang lebih sekitar 5 menit dari perjalanan.

Pasar tradisional ini dapat dikatakan sangat luas, areanya mencapai satu hektar. Pasar dibagi menjadi tiga bagian yaitu bagian depan, tengah, dan belakang. Pada bagian depan, terdapat lapangan parkir utama yang sangat luas. Lahan parkir itu cukup untuk menampung lebih dari 10 mobil.

Tak jauh dari lapangan parkir itu terdapat banyak kios yang menjual hasi kebun berupa sayur maupun buah-buahan. Sayur-sayur segar yang dapat dilihat dengan jelas dari kejauhan seperti wortel, kol, sawi, kentang, tomat, dan lain-lain sangat menggoda pandangan mata. Buah strawberry, jagung, mangga, nanas, dan lain-lain bisa menggoda selera makan Anda. Pedagang juga menjajakan makanan yang sudah diolah berupa cemilan khas seperti keripik bayam, kacang rebus, krupuk gula, dan lain-lain. Anda juga bisa menemukan souvenir khas seperti lonceng yang terbuat dari bambu, kalung, gelang, dan lain-lain yang merupakan rancangan penduduk lokal.

Pasar-Candi-Kuning
Pasar-CandiKuning

Pernak-pernik itu bisa Anda temukan ketika Anda masuk lebih dalam lagi, dibagian tengah pasar. Di bagian ini, Anda akan menemukan lebih banyak pernak-pernik seperti topeng, kendang, mainan angin, dan pernak-pernik lain yang terbuat dari bambu dan kayu. Di bagian belakang, Anda bisa melihat lapangan parkir yang sama luasnya dengan yang ada di bagian depan. Di pasar bagian belakang ini, Anda akan menemukan pedagang tanaman hias seperti kaktus, tanaman bunga yang terawat dengan baik dan subur.

Selain itu, bila Anda lebih suka duduk manis sambil minum kopi untuk menunggu teman-teman Anda belanja, Anda bisa duduk di warung kopi. Di Pasar Tradisional Candi Kuning ada pula pedagang sate kelinci dan ayam, serta penjual bakso dan lain-lain.

Bukankah Pasar Tradisional Candi Kuning adalah lokasi yang tepat untuk membeli oleh-oleh setelah mengunjungi Kebun Raya Bedugul? Tak perlu ragu-ragu untuk mampir dan membeli sesuatu di sana, harga barang yang dijual terjangkau dan Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi kalau Anda berani menawar. Selamat belanja!

0 komentar:

Posting Komentar