09 September 2018

Objek Wisata Bedugul Bali




Bedugul

Bedugul adalah nama kawasan wisata pegunungan yg terletak sekitar 50km arah utara denpasar. Suhu udara yg adem dan udara yg bebas polusi jadi daya tarik bagi kita orang2 yg sumpek tinggal di kota yang selalu berteman asap kendaraan bermotor. Pilihan hotel, homestay dan villa cukup banyak dan biasanya selalu ramai di hari libur. Beberapa obyek wisata yang populer di kawasan ini antara lain:






Pura Ulundanu




Selain sebagai tempat persembahyangan umat Hindu, areal Pura Ulun Danu juga dijadikan sebagai kawasan wisata. Thanks to view danau dan taman yg menawan. Di area ini paling enak foto2 dengan latar belakang pura/danau, sekedar buat dipamerin ke temen2 “Ini namanya Danau Beratan lho..” 😀 Di dalam area ini juga terdapat beberapa restaurant dan toko barang2 seni. 


Inilah maskot (icon) yang sangat terkenal dan selalu menghiasi banyak media info yang terkait dengan pulau Dewata. Jika anda melihat gambar/foto pura Ulun Danu maka langsung mengetahui bahwa pasti membahas tentang Bali. Kawasan Bedugul menjadi sangat terkenal karena keindahan pura yang seolah berada di tengah danau Bratan ini. Tempat ini sangat tepat bagi anda yang ingin berfoto pre wedding, selfie eksotis atau bahkan menjadi lokasi menginap yang tenang dan romantis bagi kalian yang sedang berbulan madu (honeymoon). Tiket masuknya sekitar 10,000 – 30,000 per orang (wisatawan domestik dan mancanegara berbeda).

Danau Beratan


Masih satu area dengan pura Ulun Danu. Tetapi jika anda ingin bermain-main di danau seperti sepeda air, kano, berenang maupun paralayang (parasailing) maka letaknya sekitar 100 meter dari lokasi pura, di sisi kanan. Di sini anda juga dapat mencicipi aneka makanan yang lezat dengan menu ikan air tawar. Danau di Bedugul ini termasuk wisata Bali yang paling stabil jumlah pengunjungnya. Saran terbaik bagi anda yang ingin berfoto dengan hasil terbaik adalah di pagi hari. Karena menjelang siang apalagi sore, tempat ini menjadi berkabut dan bahkan sering hujan.


Danau terbesar ke-2 di Bali yang merupakan obyek wisata utama disini. Bisa sekedar nongkrong pinggir danau menikmati pemandangan sambil makan/ngemil. Spot buat publik terletak hanya beberapa meter dari tikungan pinggir danau, tempat parkir cukup luas dan banyak warteg. Atau lewati sekitar 100-200 meter untuk masuk ke areal Pura Ulun Danu. Kalo ga puas cuman nongkrong doang liat aer, kamu bisa sewa boat ato perahu motor/dayung sesuai dgn isi kantong lo. Dulu2 banget jaman gw masih imut, jumlah boat yg disewakan jauh lebih banyak dari yg ada skr. Bahkan gw jg inget dulu danau ini rame dgn org2 yg maen ski aer (yg ditarik boat itu loh)


Kebun Raya Bedugul



Kebun Raya ini merupakan cabang dari kebun raya Bogor, dibangun pada tahun 1959 sebagai tempat penelitian flora pegunungan Indonesia Timur. Mempunyai kurang lebih 600 jenis anggrek dan 668 jenis tumbuhan lokal dan import. Dan kemaren sempet ada Bunga Bangkai Raksasa seperti yang di Bengkulu itu.
Lebih dari 2000 spesies tanaman yang menjadi koleksi Eka Karya Botanic Garden di Bedugul ini. Masih seperti kebun yang menjadi tempat tujuan wisata di Bogor, Botanic Garden juga dikelola oleh LIPI (Lembaga ilmu pengetahuan Indonesia). Jadi anda dapat belajar mengenal tumbuh-tumbuhan dan berekreasi di kawasan yang sejuk serta sejauh mata memandang, warna hijau sangat mendominasi. Harga tiket masuk di Kebun Raya ini sekitar 7.000 hingga 18.000 per orang. Di area dengan luas 157,5 hektar ini ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan, seperti: wisata petik strawberry, bermain di tree-top (berjalan di antara pohon dengan tali) serta berfoto di antara bunga-bunga yang menarik.

Pasar Candikuning



Tempat buat beli oleh2 terutama buah2an dan sayuran lokal. Strawberry, jagung dan markisa adalah yg paling banyak. Letaknya persis di depan gerbang Kebun Raya Bedugul, beberapa ratus meter sebelum Danau Beratan



Di dekat di pintu masuk Kebun Raya Eka karya (botanical garden) berjejer pasar buah yang menawarkan buah khas setempat. Strawberry, Markisa, Mangga, Jambu Air dan sayuran segar adalah yang utama ditawarkan di tempat ini. Biasanya wisatawan yang menginap di apartemen atau villa dan memasak sendiri, menyempatkan untuk belanja buah dan sayuran di tempat ini. Tips menawar 50% masih berlaku jika anda ingin mendapatkan harga buah-buahan yang murah di sini.





0 komentar:

Posting Komentar